Pemuda Jangan menjadi followers tetapi Mejadi Pelopor - dikpora.jogjaprov.go.id

Pemuda Jangan menjadi followers tetapi Mejadi Pelopor

DETAIL BERITA 29 Mei 2017 03:05 WIB,   Jurnalis: Eri-k ,   Dibaca : 351kali
  Foto :  
Share :

Perkembangan Teknologi Informasi tidak akan lepas dari ke ikut sertaan para pemuda, untuk mengembangkan kreatifitas para pemuda  perlu adnya kegiatan kegiatan sosial di masyarakat maupun organisasi, maka dalam kegiatan tersebut akan menjalankan nilai nilai pancasila.

Pancasila itu tidak harus implinsit dalam Pembelajaran di sekolah, akan tetapi semua mata pelajaran mengandung nilai nilai pancasila. Untuk mengimplemntasikan pancasila sebagai dasar Negara Indonesia seharusnya di mulai dari keluarga dan sejak kecil , Implementasi pancasila sebagai dasar membangun generasi muda cinta tanah air, ini merupakan tema dialog interatip di JogjaTV. Pada hari  Selasa ( 16/05), dengan acara bincang bicang hari ini, menghadirkan narasumber Drs.R.  Kadarmanto Baskoro Aji Kepala Dinas Dikpora DIY dan Dr. Hari santoso Kepala Pusat Studi Pancasila UGM.

Implementasi Pancasila perlu adanya revitalisasi, khususnya pada generasi muda saat ini, Pancasila bukan dihafalkan, akan tetapi nilai nilai dari pancasila tersebut dilaksanakan dalam kehidupan sehari harinya. Pemuda itu jangan menjadi pollowers tetapi menjadi pelopor khususnya pelopor pancasila  .Kata Baskaro Aji.

Menurut Hari Santoso Pancasila itu Fitroh dimana yang menanam akan menunai, atau mendapat hasilnya. Subtansi pancasila itu sendiri sebenarnya tidak masalah, yang penting metode penyampaiannya pada anak anak muda sekarang ( bisa dikata casingnya, bahasa gaul).Isu isu yang terjadi saat ini sebenarnya  untuk mengikis pondasi anak muda dari pancasila, maka sebagai anak muda generasi penerus bangsa tetaplah menjaga nilai luhur pancasila.

Implementasi pancasila itu bisa berbentuk gotong royong, saling menghargai dan menghoramti satu sama lain. dan masih banyak lagi, Walaupun dalam kurikulum sekolah tidak tercantum pelajaran pancasila tetapi sikap dan perilaku para siswa sudah menunjukan nilai nilai dari pancasila itu sendiri.

Momentum bulan Mei ini merupakan Hari Kebangkitan Pendidikan Nsional dan bulan Juni merupakan Hari lahirnya Pancasila,” Baskoro Aji “ mengajak kita semua untuk sama sama melakasanakan nilai nilai pancasila, momentum tersebut jangan hanya menjadi kegiatan serimonial saja, akan tetapi menjadi dasar sepirit generasi muda membuat inovasi, inovasi baru dan kreatifitas yang tidak kalah dengan perkembangan Teknologi Informasi saat ini.

Kegiatan sosial budaya di masyarakat itu juga merupakan implementasi pancasila, kegiatan dilingkungan itu salah satu cara sederhana  dalam mengimplementasikan pancasila sebagai dasar cinta tanah air


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com