Rembug Nasional Tentang PAUD - dikpora.jogjaprov.go.id

Rembug Nasional Tentang PAUD

DETAIL BERITA 31 Mei 2017 04:05 WIB,   Jurnalis: Edy S ,   Dibaca : 375kali
  Foto : Mendikbud Muhadjir Effendy  
Share :
Dikpora.DIY-Pemerintah menyediakan beasiswa bagi peningkatan kualifikasi para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) setelah dalam beberapa tahun ini PAUD mengalami pertumbuhan yang sangat cepat.
Hal itu dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Profesor Muhadjir Effendi ketika memberikan sambutan pada Rembung Nasional tentang PAUD yang diselenggarakan di Universitas Aisiyah (UNISA) Yogyakarta, Kamis (18/5/2017).

Menurut Mendikbud, pemerintah menyediakan beasiswa meskipun jumlahnya masih terbatas untuk membantu meningkatkan kualifikasi para guru PAUD. Menteri menyebutkan, praktek pendidikan anak usia dini lebih banyak diprakarsai leh masyarakat, termasuk Pimpinan Pusat Aisyiyah yang menyumbang 25 persen pelaksanaan PAUD secara nasional.

“Pertumbuhan PAUD ini sangat pesat sekali,  sementara kualifikasi yang sifatnya formal tidak akan bisa mengejar. Bahkan sekarang PAUD itu pengajarnya harus berijazah S1, dan itu lembaga penyelenggaranya juga sangat terbatas. Karena itu Kementrian menyediakan beasiswa walaupun jumlahnya tidak besar, untuk mereka yang sudash menjadi guru PAUD itu akan kita beri beasiswa untuk melanjutkan studi,” jelas Menteri.

Sementara itu, Ketua Umum PP Aisyiyah Noordjannah Johantini mengatakan, Aisyiyah berdiri tanggal 19 Mei 1917 dan dua tahun sesudahnya yaitu tahun 1919 Aisyiyah mendirikan pendidikan anak usia dini pada waktu itu yang disebut Vrobble, Aisyyah, menurut Ketua Umumnya, selalu berkomitmen menyiapkan generasi yang akan datang berkualitas pendidikan dan budi pekertinya.

“Aisiyah sebagai gerakan perempuan yang telah hadir di Indonesia sebelum merdeka, sejak awal berkomitmen untuk berkhidmat bagaimana menyiapkan generasi yang akan datang menjadi generasi berakhlak mulia, yang bermakna bagi kepentingan hidupnya dan bangsa,” jelas Noordjannah.  

Rembug Nasional Pendidikan ANak Usia DIni dengan tema memajukakn pendidikan anak usia dini untuk mencerdaskan generasi emas bangsa juga menampilkan kelompok pelaksana PAUD dari Wanita Katholik, Wanita Budhist maupun Tamansiswa.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com