Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kepatihan Yogyakarta - dikpora.jogjaprov.go.id

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kepatihan Yogyakarta

DETAIL BERITA 02 Juni 2017 03:06 WIB,   Jurnalis: Eri-k ,   Dibaca : 220kali
  Foto : Suasana upacara di kepatihan  
Share :

Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2016 telah menetapkan bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai HariLahir Pancasila dan menjadikannya sebagai hari libur nasional di setiap tahunnya. Tema Peringatan tahun 2017 ini adalah : “Saya Indonesia, Saya Pancasila”.

Untuk memperingatinya, di halaman Kompleks Kepatihan diselenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dengan Inspektur Upacara Gubernur DIY, Sultan HB X.

Dalam Kesempatan tersebut Gubernur DIY membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo yang antara lain mengatakan  bahwa, kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Berbagai etnis bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah kebhineka tunggal ika-an kita.

Kebhinekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong.

Lebih lanjut Presiden menegaskan akan peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara  harus selalu ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan Pancasila.

Adapun urutan acara dalam upacara peringatan tersebut antara lain adalah: Pengibaran Bendera Sang Merah Putih, Pembacaan Teks Pancasila dan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 serta Pembacaan Keputusan Presiden Nomor 24 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. 

Upacara diikuti oleh segenap Pimpinan OPD DIY serta karyanwan dan karyawati di lingkungan Pemda DIY. Selaku Komandan Upacara dalam kesempatan ini adalah Dalijo dari Biro Tata Pemerintahan Sekda DIY.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com