Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini - dikpora.jogjaprov.go.id

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

DETAIL BERITA 29 Agustus 2017 11:08 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 137kali
  Foto : Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini  
Share :

Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga DIY (DIKPORA) yang bekerjasama dengan Bupati, Walikota, dan Camat melaksanakan pembinaan Bunda Paud terkait pendidikan usia dini .

Dra.Mulyani Yunipratiwi, MSI mengatakan sebaiknya anak usia dini (2-6th) diikutkan PAUD karena di tempat ini anak-anak dapat belajar sopan santun, kebersamaan, dan kepedulian sesama anak sehingga mencegah timbulnya diskriminasi. Esensi dari PAUD adalah pemberian rangsangan atau stimulasi pendidikan yang sesuai dengan tahap tumbuh-kembang anak dan dilaksanakan melalui pendekatan bermain sambil belajar oleh Bunda Paud.

DIKPORA bidang Pendidikan nonformal dan informal memberikan motivasi kepada Bunda Bunda Paud tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan tingkat Desa. Bunda Paud mempunyai peranan strategis dalam mensosialisaikan program-program anak usia dini di masyarakat dengan harapan khususnya orang tua, sadar akan pentingnya memasukkan anaknya ke Paud.

Pada masa usia emas (golden age), otak anak mengalami perkembangan sangat pesat, sehingga ia mudah menyerap segala sesuatu yang diajarkan, baik itu oleh orangtua di rumah maupun Bunda Paud di sekolah. Bisa dibilang, secara langsung maupun tidak langsung, pendidikan anak usia dini mewarnai alam pemikiran dan pola pikir sehingga membentuk nilai-nilai karakter pada anak.

Terkait lembaga pendidikan anak usia dini untuk melaksanakannya harus memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan yang tentu akan diujudkan dalam akreditasi. Lembaga Paud yang berakreditasi akan mendapat kepercayaan oleh masyarakat atas kelayakan terhadap lembaga tersebut.

Tujuan pembinaan tersebut guna meningkatkan peran Bunda Paud dalam mempersiapkan generasi yg berkualitas, memberikan apresiasi kepada Bunda Paud meningkatkan target Bunda Paud tingkat Nasional dengan target peringkat 3 Tahun 2015 mejadi peringkat 2 bahkan 1 di Tahun 2017 serta memotivasi Bunda Paud untuk tahun yang akan datang agar mempersiapkan diri sehingga menciptakan Bunda Paud berkualitas di DIY.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.dikpora.jogjaprov.go.id
Copyright © 2014 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com