Workshop Kesehatan Reproduksi SMK Se-DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

Workshop Kesehatan Reproduksi SMK Se-DIY

DETAIL BERITA 13 Februari 2018 04:02 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 503kali


  Foto : Kepala Seksi SMK Disdikpora, Suhartantin, S.Pd., saat membuka Workshop Kesehatan Reproduksi  
Share :
Kepala Seksi SMK Dinas Dikpora DIY, Suhartantin, S.Pd, Selasa (13/2/2018) pagi secara resmi membuka acara Workshop Kesehatan Reproduksi Dalam Rangka Pembinaan dan Pengembangan Mutu SMK 2018. Acara ini dihadiri oleh Para Guru PJOK SMK se-DIY dengan penyampaian materi dari tiga narasumber. Pertama, Tantri Swastika, Youth Engagement Officer Unala, yakni sebuah jaringan waralaba sosial yang didirikan oleh UNFPA (United Nations Population Fund). Kedua, Sugeng Rohadi, S.Pd.,M.Pd., Pengawas SMK Kabupaten Kulonprogo. Dan ketiga, Drs. Syarif Santoso Dibyantoro, M.Pd., Pengawas SMK Kabupaten Bantul.

Suhartantin, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa acara ini dilaksanakan sesuai dengan Inpres Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Sumber Daya Manusia. Presiden meninstruksikan, lanjut Suhartantin, kepada 10 kementerian, 10 badan, serta 34 Gubernur untuk turut serta membantu hal-hal yang dibutuhkan oleh siswa-siswa SMK dalam melaksanakan magang, baik siswa maupun guru. Magang guru diharapkan dipergunakan oleh guru itu sendiri untuk melihat perkembangan dalam dunia industri untuk diaplikasikan dalam pembelajaran siswa di sekolah.

“Oleh karena itu, Dinas Dikpora, dalam hal ini Seksi SMK mengadakan program-program terkait dengan upaya Pemerintah Pusat, salah satunya yaitu, Kegiatan Workshop Kesehatan Reproduksi untuk siswa SMK yang nanti akan ditindak lanjuti dengan bimtek (bimbingan teknis) penyusunan kurikulum kesehatan reproduksi,” imbuh Suhartantin.

Tantri, Pemateri dari Unala, dalam paparannya, menyampaikan hal-hal yang berkaitan tentang remaja. Salah satunya, tentang banyaknya remaja yang belum mengetahui terkait dengan kesehatan reproduksi karena biasanaya mereka malu untuk bertanya kepada orang lain. Serta apa yang sudah dilakukan oleh Unala dan temuan-temuan kasus.

Lebih lanjut, Tantri menjelaskan tentang temuan kasus terakhir di Unala bahwa ada seseorang yang datang di Unala, masih remaja sekitar umur 20 tahun yang terkena herpes. Setelah digali dan dirujuk ke dokter Unala ternyata dia sudah punya istri yang sedang hamil. Dia berhubungan bukan hanya dengan istrinya melainkan juga dengan pacaranya. "Jadi, kalau di tempat lain mungkin hanya sebatas pada kliennya saja, tapi kami melakukakan penelitian sampai pada pola hidupnya juga," tandasnya.

Sementara itu, pemateri kedua dan ketiga menyampaikan tentang integritasi nilai-nilai budaya Pancasila dalam pembelajaran kesehatan reproduksi pada peserta didik SMK DIY dan strategi implementasi materi kesehatan reproduksi dalam pembelajaran PJOK SMK.

 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com