Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) DIY 2018 Resmi Dibuka - dikpora.jogjaprov.go.id

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) DIY 2018 Resmi Dibuka

DETAIL BERITA 19 Maret 2018 04:03 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 2260kali


  Foto : Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, saat memberi sambutan dalam POPDA DIY 2018.  
Share :

Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, secara resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) DIY bertempat di GOR Amongraga, Senin (19/3/2018).

POPDA DIY 2018 ini akan diselenggarakan mulai tanggal 19 Maret s/d 22 Maret 2018. Tetapi, ada beberapa cabang olahraga yang sudah dimulai terlebih dahulu pada tanggal 17 dan 18 seperti sepak takraw dan sepak bola.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Penyelenggara POPDA DIY 208, Drs. Eka Heru Prasetya, dalam keterangan yang kami himpun, POPDA tahun ini akan mempertandingkan 28 cabang olaharaga, 23 Cabang Olahraga definitif (olahraga yang sudah ditetapkan dan diperhitungkan dalam penghitungan medali), dan 5 Cabang Olahraga tambahan (ekshibisi) yang pada tahun depan baru akan ditetapkan menjadi definitif.

Lebih lanjut, Heru menambahkan tentang apa saja syarat-syarat bagi peserta yang akan mengikuti pertandingan. “Harus pelajar yang tanggal kelahirannya maksimal 1 Januari 2000 dan maksimal kelas XI SMA/SMK. Jadi, kelas XII tidak bisa karena sudah ujian,” jelasnya.

Sedangkan untuk tujuan diselenggarakannya POPDA, masih menurut Heru, diantarnya; untuk menjalin sillaturrahim antar pelajar, dan untuk mencari bibit atlit yang kedepannya bisa mengharumkan nama DIY di tingkat nasional. “Tahun ini kita juga ada POPWIL (Pekan Olaharaga Pelajar Wilayah), sebelum masuk tingkat nasional. Itu kita ada 8 cabang olaharaga. Wilayah kita itu wilayah tiga, dimulai dari Banten, Yogyakarta, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara. Kita ambilkan pesertanya itu ya dari pemenang POPDA ini,” imbuhnya.

“Jadi, POPWIL itu hanya mempertandingkan 8 Cabang Olahraga; Bola Voli, Bola Basket, Sepak Bola, Sepak Takraw, Pencak Silat, Tenis Meja, Tenis Lapangan, dan Bulu Tangkis. Juara 1 dan 2 itulah yang dikirim ke tingkat nasional. Dengan tujuan untuk mengurangi pertandingan yang di POPNAS. Sementara untuk cabang olahraga lain ya langsung ke tingkat nasional setelah POPDA ini,” lanjut Heru. 


Berikut Jadwalnya:

Berikut kami sertakan jadwal dan tempat pertandingan POPDA DIY 2018


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia