BIMTEK Materi Uji Kompetensi Pada LSP P1 - dikpora.jogjaprov.go.id

BIMTEK Materi Uji Kompetensi Pada LSP P1

DETAIL BERITA 17 April 2018 03:04 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 293kali


  Foto : Pelaksanaaan Bimtek Materi Uji Kompetensi pada LSP P1  
Share :
Senin, 26 Maret 2018, bertempat di Hotel Royal Darmo Yogyakarta, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (DIKPORA) DIY menggelar Bimbingan Teknis materi Uji Kompetensi pada Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1). Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMK, serta pembinaan dan pengembangan mutu SMK tahun 2018.

Pelaksanaaan Bimtek Materi Uji Kompetensi pada LSP P1 tersebut dilaksanakan atas dasar pertimbangan pemerintah tahun ajaran 2018-2019 yang mengharapkan agar sekolah memberlakukan kurikulum 2013, tanpa kecuali hasil dari penyempurnaan kurikulum sebelumnya. Salah satu unsur yang akan dikembangkan adalah pembentukan LSP P1 pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di DIY. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi bagi siswa SMK.

Kegiatan yang dibiayai oleh Dinas DIKPORA ini tentu bertujuan untuk menyusun perangkat assessment Materi Uji Kompetisi (MUK) sesuai dengan skema KKN I baru, yang akan ditetapkan sebagai MUK DIY yang selanjutnya diajukan untuk penambahan ruang lingkup ISP ke BNSP. “Kami merasa bahwa di DIY ini LSP P1 memang benar-benar perlu dikembangkan seiring dengan kebijakan pemerintahan kita, bahwa untuk UKK ini kan terdapat skema. Pertama skema sekolah bekerja sama dengan DIK-DIY, kedua bekerja sama dengan LSP P1, kemudian dengan LSP P2, dan LSP P3.  Ini suatu tantangan buat kita bersama,  ketika kedepan UKK ini kalau nanti skemanya sudah dengan LSP P1 maka tidak perlu UKK di sekolah lagi”, kata Ibu Dra. Triana Purnamawati, MM dalam pembukaan acara Senin kemarin.

Selama tiga hari hingga tanggal 28 Maret 2018, para peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 80 orang dibagi dalam tiga kelas, yaitu Kelas  Lisensi, Kelas Proses Lisensi, dan Kelas Jejaring. Para peserta mendapatkan ilmu tentang pengembangan LSP P1 DIY dari berbagai narasumber di bidangnya. Seperti dari Master Asesor, Dewan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, perwakilan pengurus LSP P1 DIY, pengawas dan MKKS DIY. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terwadahnya LSP P1 di DIY sebagai sarana pengembangan LSP P1 di DIY.

Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com