Diskusi Peran Guru Terhadap Ekspresi dan Imajinasi Anak dalam Berkarya Seni di Museum Taman Tino Sidin - dikpora.jogjaprov.go.id

Diskusi Peran Guru Terhadap Ekspresi dan Imajinasi Anak dalam Berkarya Seni di Museum Taman Tino Sidin

DETAIL BERITA 05 Mei 2018 05:05 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 479kali


  Foto : Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY sedang memberi sambutan  
Share :
Museum Taman Tino Sidin mengadakan program Sharing dan Workshop Guru-guru PAUD dan TK yang dilaksanakan pada hari Sabtu (5/5/2018). Pada kali pertama ini, diskusi diikuti kurang lebih 30 guru PAUD dan TK di DIY dengan pembahasan utama yaitu "Peran Guru Terhadap Ekspresi dan Imajinasi Anak dalam Berkarya Seni". Acara ini dimulai dengan sambutan oleh Panca Takariyati (Titik), anak bungsu Tino Sidin, dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh Wakil Kepala Dinas Kebudayaan, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed.

Pelaksanaan program ini dilatar belakangi keresahan terhadap adanya semacam keseragaman pola atau teknik dari gambar yang dihasilkan anak-anak, dilihat dari pengamatan pada beberapa kompetisi menggambar dan mewarnai untuk anak-anak di Yogyakarta. Padahal karya anak-anak yang memiliki kebebasan berkespresi semestinya beragam, bebas, dan tanpa rumus, seperti apa yang diterapkan Tino Sidin pada dahulu kala.

Diskusi yang berlangsung di Museum Taman Tino Sidin membahas pentingnya kebebasan berekspresi anak-anak dan peran guru dalam menumbuhkan kreatifitas murid-muridnya. Diskusi ini menghadirkan tiga pemateri yaitu, Duma Rachmat, S.Psi. (Praktisi Psikologi Anak), Andi Purnawan, S.IP., M.Sn. (Praktisi Pendidikan dan mantan murid Tino Sidin), dan Endin Wicaksono, S.Psi. (Ketua II Himpaudi DIY). Ketiga pemateri tersebut menyampaikan pada guru-guru PAUD dan TK yang hadir, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kreatifitas anak, dan bagaimana metode mengajar guru berpengaruh pada pembentukan karakter dan kebebasan imajinasi anak.

Program yang akan berlanjut sampai bulan Juni ini bertujuan untuk menggugah para praktisi dan pemerhati pendidikan dasar agar punya cara berpikir sama dalam membangun dan mengembangkan edukasi anak, sekaligus menjawab keresahan tentang pendidikan seni anak dan mengenalkan metode pengajaran Tino Sidin. Setelah pelaksanaan diskusi pada tanggal 5 Mei 2018, akan diadakan juga "Workshop Belajar Menggambar" untuk guru PAUD dan TK dengan menerapkan metode khas Tino Sidin pada hari Sabtu, tanggal 19 Mei 2018. Rangkaian selanjutnya adalah "Workshop Pengembangan Menggambar menjadi Produk Alat Permainan Edukatif"
yang akan diselenggarakan 26 Mei 2018. Karya-karya yang dihasilkan dari workshop-workshop tersebut akan dipamerkan pada tanggal 2 Juni 2018 untuk mengapresiasi karya para guru yang telah mengikuti rangkaian program ini.




Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com