80 Peserta Ikuti Seleksi Calon Anggota Paskibraka DIY 2018 - dikpora.jogjaprov.go.id

80 Peserta Ikuti Seleksi Calon Anggota Paskibraka DIY 2018

DETAIL BERITA 08 Mei 2018 04:05 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 1708kali


  Foto : Para Peserta saat mendengarkan pengarahan Kepala Balai Pemuda dan Olaharaga, Ir. Edy Wahyudi, M.Pd.  
Share :

Sebanyak 80 orang pelajar dari 5 Kabupaten/Kota yang ada di DIY mengikuti Pembukaan Kegiatan Seleksi Calon Anggota Paskibraka DIY 2018 bertempat di Pondok Pemuda Ambarbinangun Bantul, Senin (7/5/2018). Para Peserta terdiri dari 16 pelajar, 8 Putra dan 8 Putri, dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Bantul, Kulonprogo, dan Gunungkidul yang sudah lolos seleksi dari masing-masing Kabupaten/Kota.

Seleksi tersebut akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 7 s/d 9 Mei 2018 di Pondok Pemuda Ambarbinangun dan Stadion Sultan Agung Bantul, dengan materi seleksi meliputi; parade, Pasukan Baris Berbaris (PBB), kesenian, kesehatan, psikotes, Bahasa Inggris, pengetahuan umum, dan kepribadian.

Dalam seleksi ini akan diambil 40 orang yang nanti akan bertugas di masing-masing Kabupaten/Kota, 38 orang bertugas di Provinsi DIY, dan 2 orang akan mewakili DIY ke tingkat nasional.

Pembukaan Kegiatan Seleksi Calon Anggota Paskibraka DIY 2018 itu sendiri dibuka oleh Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY, Ir. EdY Wahyudi, M.Pd., ditandai dengan pemukulan kentongan secara simbolik. Dalam arahannya, Edy mengucapkan selamat kepada para peserta yang sudah lolos seleksi dari masing-masing Kabupaten/Kota.

Edy menjelaskan, pada masa sekarang ada anggapan adanya degadasi nasionalisme di kalangan para pemuda, tapi dengan adanya Paskibraka seolah membantah anggapan itu semua. Para Paskibraka adalah genarasi yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan nasional selanjutnya.

“Seleksi ini akan mencari yang terbaik. Oleh karena itu kalian jangan ragu. Lakukan yang terbaik supaya kalian mendapat hasil yang terbaik pula,” papar Edy dihadapan para peserta.

Dalam kesempatan itu, Edy juga berpesan kepada para peserta untuk jangan berbangga diri siapapun nanti yang akan terpilih di tingkat nasional, karena pada hakikatnya adalah sama, baik yang di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, maupun nasional, serta juga beraharap kepada para peserta untuk selalu siap kapan pun dibutuhkan untuk mengemban tugas Negara.

Selain itu, Edy juga menambahkan, DIY adalah satu-satunya Provinsi yang Upacara Kemerdakaannya diperkanankan untuk dilaksanakan di Gedung Agung dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, selain di Jakarta.

Hal itu terjadi karena tidak lepas dari terjadinya pergolakan pada tahun 1945. Penjajah masuk kembali ke Indonesia, dan DIY lah yang menyelamatkan Pemerintahan Indonesia sehinga pusat pemerintahan berlangsung di DIY selama 4 tahun sampai dengan tahun 1949. “Sri Sultan HB IX menawari Presiden beserta para jajaran kabinetnya untuk berkantor di Gedung Agung Yogyakarta. Dan Begitulah pengorbanan Sri Sultan HB IX dan DIY untuk NKRI, bahkan anggarannya pun semuanya dari Keraton Yogya semua” imbuhnya.

“Mengenai anggarannya ada simpang siur yang mengatakan menghabiskan dana 6 Juta Golden, ada yang mengatakan 8,5 Juta, bahkan ada yang mengatakan 85 Juta,” papar Edy. Tapi, menurutnya, ketika Sri Sultan HB IX ketika ditanya mengenai berapa anggaran yang dihabiskan, Sri Sultan HB IX selalu menjawab : “tidak perlu saya ungkapkan karena saya tidak ingin pamer karena harta yang saya keluarkan.”

DIY, lanjutnya, tidak hanya menjadi penyelamat Indonesia, tapi juga menjadi pelopor sebuah Negara yang sudah merdeka tapi mau bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Oleh karena itulah satu-satunya Provinsi yang diperkenankan menempati Gedung Agung untuk Upacara Kemerdekaan adalah DIY. “Dan semoga kita semua bisa meniru apa yang dilakukan oleh Sri Sultan HB IX untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” pungkasnya. 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia