Alamat website DIKPORA DIY dari www.pendidikan-diy.go.id pada 2019 akan off dan menjadi www.dikpora.jogjaprov.go.id

Dalam Rangka Pengembangan Mutu SMK, Workshop Pemberdayaan K3SK/MKKS Digelar - dikpora.jogjaprov.go.id

Dalam Rangka Pengembangan Mutu SMK, Workshop Pemberdayaan K3SK/MKKS Digelar

DETAIL BERITA 30 Juli 2018 09:07 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 112kali


  Foto : Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dra. Triana Purnamawati, MM., saat membuka acara.  
Share :

Bertempat di Sasana Krida Dinas Dikpora DIY diselenggarakan Worshop Pemberdayaan K3SK/MKKS dalam rangka pembinaan dan pengembangan mutu SMK Negeri/Swasta se-DIY yang dihadiri oleh seluruh Kepala SMK, Senin (30/07/2018).

Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan informasi terkait dengan kebijakan Dinas Dikpora DIY dalam rangka pembinaan SMK Negeri/Swasta se-DIY, menginformasikan terkait kepengawasan satuan pendidikan menengah, dan menginformasikan terkait sistem manajemen mutu satuan pendidikan menengah.  

Kepala Seksi SMK, Suhartantin, S.Pd., selaku panitia penyelenggara menyampaikan dalam laporannya bahwa dengan diselenggarakan worskshop tersebut diharapkan pelaksanaan program sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan itu berlandaskan kepada kebijakan Pemerintahan DI. Yogyakarta melalui Dinas Dikpora DIY.

Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dra. Triana Purnamawati, MM., mewakili Kepala Dinas Dikpora DIY yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Triana berharap agar semua SMK yang ada di DIY bisa lebih berkembang dan maju dalam segala hal.

“Kami sekarang sedang membuat konsep penajaman program SMK di 2025 itu mau dibuat seperti apa. Sekarang masih tahap perumusan. Masih belum sosialisasi. Sosialisi kemungkinan bulan Agustus depan,” papar Triana dalam sambutannya. 

Para Kepala Sekolah diharapkan menyusun program penajaman sekolahnya itu mau dibuat apa sampai tahun 2025. “Gurunya mau seperti apa, sarana prasarana seperti apa, kelengakapannya seperti apa, dan kualitas muridnya seperti apa yang nanti dijadikan acuan bapak ibu semua kedepannya,” jelas Triana dihadapan para Kepala Sekolah SMK.

Pada tahun 2019 Dinas Dikpora DIY juga akan mencoba membuat kegiatan-kegiatan baru menyongsong Abad Samudera Hindia. “Pembangunan kita mengarah kepada pantai selatan . Apakah pantai selatan itu ada kapalnya. Kita belum punya pelabuhan sehingga anak-anak kita ketika PKL harus ke pelabuhan Surabaya dulu atau Semarang. Seperti apa kelautan kita. Itu yang harus kita pikirkan seperti apa kedepannya,” terang Triana.

Sementara itu, Wahyunta, SH., MM., narasumber dari Inspektorat DIY, menyampaikan materi terkait dengan kepengawasan dalam rangka pembinaan kepada satuan pendidikan. Dalam paparannya, Wahyunta mengajak Para Kepala Sekolah untuk sering mengadakan pertemuan-pertemuan semacam ini karena berbagai aturan yang dinamis. “Jangan sampai ketika kami masuk untuk memeriksa banyak yang tidak tahu dan tidak update terhadap peraturan-peraturan yang sangat dinamis karena mungkin kesibukan mengelola lembaganya masing-masing,” terangnya.

Wahyunta juga menjelaskan kenapa Inpektorat ikut mengawasi padahal sudah ada pengawas sekolah. “Itu karena berdasarkan PP. No. 29. Tahun 1990. Bab 12 tentang pengawasan Pasal 30 Ayat 1, 2, 3, ini memang pengawasan itu oleh pengawas sekolah. Tapi di ayat 4-nya diberi wewenang melalui menteri lain, yakni dalam hal ini Menteri Dalam Negeri,” paparnya.

Wahyunta juga berharap kepada Para Kepala Sekolah yang hadir untuk selalu memegang ketentuan-ketentuan yang berlaku. “Disini maksud dari ketentuan itu adalah dari segi pendidikan, kedisiplinan, sopan santun, dan lain sebagainya,” harapnya dihadapan Para Kepala Sekolah.

Selain dari Inpekstorat DIY, hadir pula sebagai narasumber Dr. Sukamto, MT., dari Universitas Negeri Yogyakarta (UMY), yang menyampaikan materi tentang Membangkitkan Kreativitas Kepala Sekolah untuk Mengembangkan Sekolah yang Bermutu; dan Widodo, S.Pd., dari SMK Muhammadiyyah Bambanglipuro, yang menyampaikan materi tentang MKKS DIY dan Perannya. 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com