Puskurbuk Gelar Validasi Model Pembelajaran Inovatif SD-SMA di Dinas Dikpora DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

Puskurbuk Gelar Validasi Model Pembelajaran Inovatif SD-SMA di Dinas Dikpora DIY

DETAIL BERITA 31 Juli 2018 04:07 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 420kali


  Foto : Para peserta mendengarkan sambutan Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji  
Share :

Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskubuk) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) menggelar validasi model pembelajaran inovatif SD-SMA dalam rangka pengembangan model dan sistem pembelajaran PAUDNI dan DIKDASMEN di Dinas Dikpora DIY, Selasa (31/07/2018).

Acara ini diikuti oleh 35 Dosen dan Guru dari SD-SMA terpilih dan beberapa Perguruan Tinggi yang ada di DIY yang mewakili mata kuliah atau pelajaran masing-masing dari seluruh sekolah maupun Perguruan Tinggi yang ada di DIY. Dari Perguruan Tinggi meliputi Dosen Bahasa Inggris, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia, dan Agama Budha. Dari tingkat SD meliputi Guru SD kelas rendah, kelas tinggi, Guru Agama Islam, dan Kristen. Dari tingkat SMP meliputi Guru IPS, IPA, PPKn, Khonghucu, Katolik, Seni Budaya, Bahasa Inggris, Prakarya, dan Bahasa Indonesia. Dari tingkat SMA meliputi Guru Agama Budha, Hindu, PPKn, Sosiologi, Seni Budaya, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Mandarin, Matematika, Ekonomi, Geografi, dan Sejarah.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 31 Juli s/d 2 Agustus 2018 dan dimaksudkan sebagai landasan pengembangan model pembelajaran di Jenjang SD,SMP, dan SMA dengan mendapatkan masukan dari para ahli dan praktisi untuk pengembanagan model pembelajaran yang inovatif dan inspiratif, serta menadapatkan informasi kebutuhan dan keinginan lapangan tentang model pembelajaran yang diharapkan.

Kegiatan ini sendiri dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji. Dalam sambutannya, Aji memberikan apresiasi kepada Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) yang sudah memilih DI. Yogyakarta untuk dijadikan tempat validasi model pembelajaran inovatif SD-SMA.

Aji menilai kegiatan ini merupakan wujud dari kepedulian Puskurbuk untuk selalu memenuhi harapan masyarakat dengan menyediakan sumber belajar bagi anak dengan berbagai variasi. Oleh karena itu, kalau Puskubuk tidak ekspansif maka pasti membuat proses pembejaran yang ada di sekolah tidak dapat berkembang. Karena itu pula Aji juga berharap kepada para peserta untuk untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan validasi dan memperhatikan berbagai penjelasan yang disampaikan oleh Puskurbuk agar dalam menajalankan instruksi sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam kesempatan itu pula, Aji juga berharap kepada para peserta agar tidak sungkan-sungkan untuk memberikan masukan kepada Puskurbuk. “Harapannya Bapak Ibu sekalian bisa memberikan masukan apapun itu sehingga teman-teman di Puspurbuk bisa melakukan berbagai macam perbaikan terkait apa yang Bapak Ibu sudah lakukan di Sekolah ,” paparnya dihadapan para peserta validasi.

Salah satu narasumber dari Puskubuk, Dra. Mutiara Panjaitan, M.Ed., menjelaskan bahwa tugas Puskurbuk adalah mengembangka kurikulum, pembelajaran, dan perbukuan. “Kali ini kami akan mengembangkan model pembelajaran inovatif. Bagaimana di kelas itu supaya anak lebih menyenangkan, dan target bisa tercapai,” jelasnya.  

Mutiara juga menjelaskan Puskubuk sedang mengembangkan sistem pembelajaran terpadu supaya anak-anak bisa memahmi pelajaran dengan komperhensif dan waktu juga lebih efektif. “Pembelajaran terpadu itu yakni dalam tataran beberapa pelajaran. Supaya dilihat dari berbagai sisi. Sisi ini lah berbagai beberapa pelajaran itu,” terangnya kepada para peserta. 

Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia