Alamat website DIKPORA DIY dari www.pendidikan-diy.go.id pada 2019 akan off dan menjadi www.dikpora.jogjaprov.go.id

Seleksi Peserta Program Siswa Mengenal Nusantara DIY Tahun 2018 - dikpora.jogjaprov.go.id

Seleksi Peserta Program Siswa Mengenal Nusantara DIY Tahun 2018

DETAIL BERITA 04 Agustus 2018 05:08 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 168kali


  Foto : Salah satu peserta seleksi mendeskripsikan program SMN 2018  
Share :
Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) diinisiasi oleh Kementerian BUMN, dalam program Hadir Untuk Negeri. Program ini memilih siswa-siswa berprestasi dari Yogyakarta untuk diberangkatkan ke Kalimantan Tengah dan memperkenalkan kebudayaan dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Siswa-siswi yang lolos seleksi akan diberangkatkan ke Palangkaraya Kalimantan Tengah dan menjalankan program disana selama satu minggu. Mereka akan memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata DIY serta berkenalan dengan teman-teman yang ada di Kalimantan Tengah. Program ini dilaksanakan salah satunya untuk memberikan wawasan yang luas dan berkembang kepada siswa siswi tentang Indonesia.

Program Siswa Mengenal Nusantara di DIY sendiri diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura 1, Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan Kliring Berjangka Indonesia melalui kerjasama antara Kementerian BUMN dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY. Peserta seleksi Program Siswa Mengenal Nusantara terdiri dari 5 Kabupaten, yaitu sebanyak 9 siswa Kulon Progo, 9 siswa dari Kabupaten Sleman, 8 siswa dari Kabupaten Bantul, dan 5 siswa dari Gunung Kidul. Pada tanggal 31 Juli 2018, peserta seleksi yang terdiri dari perwakilan SMA dan SMK se-DIY tersebut akan melaksanakan tes tertulis dan tes wawancara di Kantor Disdikpora DIY. Penilaian akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi DIY bersama PT Angkasa Pura 1, Garuda Indonesia, Indonesia Re, dan Kliring Berjangka Indonesia. Setelah siswa siswi melalui tahap seleksi mereka akan dibekali wawasan, keterampilan, kesenian, dan berbagai pengetahuan lainnya untuk menjalani program Siswa Mengenal Nusantara pada bulan Agustus 2018.

Ini merupakan program yang rutin dilaksanakan bersama Disdikpora DIY dan sudah memasuki tahun keempat. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, mengucapkan selamat kepada siswa siswi baik yang lolos seleksi maupun tidak, karena pada dasarnya, siswa yang mengikuti tes dan wawancara seleksi program ini berjumlah sekitar 40 orang yang terpilih dan berprestasi. Siswa yang akan diberangkatkan ke Kalimantan Tengah dan melaksanakan program SMN nantinya adalah 20 peserta yang lolos seleksi. Tujuh siswa berprestasi yang lolos seleksi berasal dari Kabupaten Kulon Progo yaitu, Antonius Damas Rama Pramudhitya Nugroho dari SMK Bopkri Wates, Dwi Mulyaningsih dari SMK N 1 Samigaluh, Siwi Nur Pratiwi dari SMK N 1 Samigaluh, Dwi Elinda Septianingrum dari SMK Kesehatan Citra Semesta Indonesia, Yulia Fajriah dari SMK N 1 Kokap, Wahyu Herningtias dari SMK Muhammadiyah 1 Wates, dan Aldi Prastyo dari SMK N 2 Pengasih. Selain itu, 13 siswa berprestasi lainnya berasal dari SMA dan SMK Kabupaten Gunung Kidul, Sleman, Bantul, dan Kota Yogyakarta. Selain 20 peserta yang lolos seleksi tersebut, akan ditambahkan tiga siswa berkebutuhan khusus yang dipilih dari Sekolah Luar Biasa (SLB) di DIY.




Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com