Pembukaan Festival Lomba Siswa Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) 2018 - dikpora.jogjaprov.go.id

Pembukaan Festival Lomba Siswa Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) 2018

DETAIL BERITA 04 Agustus 2018 07:08 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 1114kali


  Foto : Bupati Bantul Drs. H. Suharsono Memukul Gong Sebagai Tanda Dibukanya Festival Lomba PKLK DIY  
Share :
Pembukaan Lomba Siswa Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) telah diadakan pada hari Jumat, tanggal 3 Agustus 2018 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta. Pada tahun ini Lomba PKLK tersebut mengusung tema Gumregah Gagah Menuju Prestasi dan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus. Acara pembukaan diisi dengan berbagai tari tradisi dan beragam pertunjukkan dari anak-anak berkebutuhan khusus perwakilan masing-masing kabupaten se-DIY. Pertunjukkan tersebut sebagai salah satu bukti bahwa anak-anak berkebutuhan khusus memiliki bakat yang luar biasa. Selain pertunjukkan, pada tanggal 3 Agustus juga dilaksanakan berbagai cabang lomba di Stadion Sultan Agung, yaitu O2SN, Literasi, dan lainnya. Cabang lomba O2SN sendiri terdiri dari lomba catur untuk tuna netra, bocce untuk tuna grahita, lari untuk tuna grahita, bulutangkis untuk tuna rungu, dan balap kursi roda untuk tuna daksa. Lomba PKLK merupakan serangkaian panjang kegiatan yang sudah dimulai pada bulan Juli. Sebelumnya telah diadakan lomba LKSN, Daring, dan ABK Berseri pada akhir Juli kemarin.

350 anak yang mengikuti lomba PKLK pada tanggal 3 Agustus merupakan anak-anak yang sudah diseleksi sebelumnya di tingkat kabupaten atau kota masing-masing. Lomba PKLK diperuntukkan ABK setingkat SD, SMP, dan SMA dengan kategori tuna wicara, tuna rungu, tuna grahita, tuna daksa, dan authis. Beberapa kontingen yang menghadiri pembukaan lomba PKLK ini adalah kontingen Kabupaten Sleman, Gunung Kidul, Bantul, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta. Menurut Ketua Panitia lomba PKLK, Drs Untung PH, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mencari bibit-bibit yang akan dikirimkan ke lomba tingkat nasional dari seluruh SLB se-Provinsi DIY. "Dulu sudah pernah anak berkebutuhan khusus dari kita diberangkatkan ke Los Angeles dan mendapatkan penghargaan tiga medali emas pada cabang olahraga bulutangkis pada tahun 2015," kata Drs Untung PH hari itu.

Lomba PKLK diharapkan akan memberikan motivasi pada anak-anak berkebutuhan khusus untuk lebih percaya diri, berprestasi, dan mandiri, baik itu di tingkat kabupaten, kota, nasional, dan internasional. Sejauh ini anak-anak berkebutuhan khusus dari provinsi DIY sudah sangat mendunia dan menyabet total 23 medali emas di tingkat internasional. Setelah ini, rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Jambore PKLK yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 - 11 Agustus di Bumi Perkemahan Karanganyar, Sanden, Bantul.

Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia