Alamat website DIKPORA DIY dari www.pendidikan-diy.go.id pada 2019 akan off dan menjadi www.dikpora.jogjaprov.go.id

Roadshow Ombudsman Bagi Pelajar di Dinas Dikpora DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

Roadshow Ombudsman Bagi Pelajar di Dinas Dikpora DIY

DETAIL BERITA 06 Agustus 2018 03:08 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 103kali


  Foto : Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) DI. Yogayakarta, Budi Masturi, meyampaikan materi  
Share :

Kepala Bidang Perencanaan dan Standarisasi, Didik Wardaya, SE., MM., membuka acara Roadshow Ombudsman Bagi Pelajar di Sasana Wiyata, Dinas Dikpora DIY , mewakili Kepala Dinas Dikpora DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, yang berhalangan hadir. Acara ini diselenggarakan oleh Ombudsman RI Perwakilan DIY, dengan tema “Pelajar Apik, Peduli Pelayan Publik”, Senin (6/8/2018).

Dalam sambutannya, Didik menjelaskan tentang tujuan pendidikan. Salah satu tujuannya ialah membentuk Warga Negara yang bertanggung jawab. “Artinya, adik-adik ketika sudah lulus dan dewasa kelak menjadi warga Negara yang bertanggung jawab tentang kepedulian apa yang diberikan Negara kepada masyarakat kita,” tutur Didik dihadapan para siswa perwakilan SMA/MAN se-DIY.

Dalam perjalanan tata pemerintahan, menurutnya, pemerintah juga menyusun sebuah Undang-Undang tentang pelayan publik. Dalam hal ini, Ombudsman sebagai pengawal layanan pemerintah bagaimana bisa dirasakan semuanya oleh masyarakat. “Oleh karena itu maka adik-adik juga harus mengetahui itu sehingga nanti bisa turut memberi tahu kepada lapisan masyarakat,” paparnya.

“Karena itu lah Ombudsman membentuk forum yang melibatkan para pelajar sebagai salah satu peran dalam membentuk siswa sesuai dengan tujuan pendidikan yakni menjadikan manusia berakhlak mulia, memiliki pengetahuan dan keterampilan, serta menjadi Warga Negara yang bertanggung jawab,” tegasnya kepada para siswa.

Didik juga menegaskan, dalam forum-forum semacam ini lah para siswa bisa menjalin silaturahim, berdiskusi, dan menimba pengetahuan yang akan sangat bermanfaat ketika sudah di masyarakat, termasuk lingkup masyarakat kecil, yakni sekolah.

“Adik-adik adalah agen-agen terpilih yang bisa menyuarakan apa yang ada dalam ketentuan-ketentuan tentang pelayanan publik, termasuk ketika adik-adik berada di sekolah, keluarga,  maupun di tengah masyarakat,” jelasnya kepada para siswa.

Forum ini, imbuhnya, juga merupakan forum untuk mempererat diri dan merekatkan persaudaraan antar sekolah, yang saat ini sedang banyak terjadi kerenggangan hubungan antar sekolah sehingga terkadang terdapat friksi antar sekolah.

Bertindak sebagai narasumber ialah Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) DI. Yogayakarta, Budi Masturi. Budi menceritakan bahwa tiga tahun lalu ORI DIY mengundang 20-an pelajar untuk diberi pelatihan tentang pelayanan publik dan pers pelajar dengan mengundang para jurnalis.

“Ternyata antusiasmenya luar biasa, sehingga mereka bersepakat bahwa ini tidak cukup sampai disini dan harus ada wadah yang bisa menghimpun ide dan gagasan untuk kedepannya. Akhirnya mereka bersepakat membentuk Komunitas Pelajar Sahabat Ombudsman dengan program utamanya sosialisi, pendadaran, dan monitoring,” paparnya dihadapan para siswa menceritakan latar belakang terbentuknya Sahabat Ombudsman.

Salah satu alumninya, imbuhnya, bahkan ada yang pernah juara Karya Tulis Ilmiah seprovinsi, serta ada juga yang diminta untuk berbagi pengalaman di acara Kick Andy Metro TV tentang aktitvitas-aktivitas di luar sekolah, terkait dengan kegiatan di Sahabat Ombudsman.

Kepengurusan Sahabat Ombudsman yang sekarang ini juga hasil dari roadshow, tapi roadshow ke sekolah-sekolah. “jadi, kita datang ke sekolah-sekolah dan akhirnya merekrut beberapa pelajar dan terbentuk kepengurusan baru. Mereka mengembangkan program-progam kerjanya, antara lain roadshow hari ini,” jelasnya menerangkan asal mula terselanggarakannya acara Ombudsman bagi pelajar di Dinas Dikpora DIY ini.

Dalam kesempatan itu, Budi menjelaskan apa fungsi ORI, yakni lembaga Negara yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan UU NO. 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman RI yang tugas utamanya ialah mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah, BUMN, BHMN, maupun individu atau swasta yang menjalankan tugas-tugas tertentu yang sumber anggarannya berasal dari APBN/APBD atau individu swasta yang menjalankan misi Negara.

Lebih lanjut, Budi juga menjelaskan apa itu pelayanan publik. Pelayanan publik ialah pelayanan untuk publik yang diselenggarakan oleh pejabat publik, atau bukan pejabat publik yang diberikan tugas oleh Negara/pemerintah untuk menyelenggarakan pelayanan tertentu bagi masyarakat.

Sedangkan untuk ruang lingkup pelayanan publik sendiri meliputi: pelayanan barang, pelayanan jasa, dan pelayanan administrasi. Pelayanan barang ialah pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk/jenis barang yang digunakan oleh masyarakat, contoh; sekolah dan trotoar. Pelayanan jasa ialah pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk/jenis jasa yang digunakan oleh masyarakat, contoh; pendidikan, kesehatan, transportasi, dll. Dan pelayanan administrasi ialah pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk dokumen resmi yang dibutuhkan oleh masyarakat, contoh; KTP, Ijazah, SIM, Paspor, dll.

Dalam menjalan tugas, menurutnya, Ombudsman seringkali menemui beberapa permasalahan terkait dengan pelayanan publik, diantaranya: pelayanan yang tidak sesuai dengan standar, pelanggran kode etik dan disiplin pegawai/perilaku, dan dugaan tindakan pidana dalam penyelenggaraan pelayan publik. 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by watulintang.com