Sri Sultan HB X Resmi Tutup O2SN XI 2018 - dikpora.jogjaprov.go.id

Sri Sultan HB X Resmi Tutup O2SN XI 2018

DETAIL BERITA 21 September 2018 05:09 WIB,   Jurnalis: Zakky M ,   Dibaca : 418kali


  Foto :  
Share :

Olimpeade Olahraga Sekolah Nasional (O2SN) XI 2018 resmi ditutup oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di GOR Amongrogo, Jumat (21/9/2018). Kegiatan ini mengakhiri rangkain kegiatan O2SN XI 2018 yang dibuka pada Senin (17/9/2018) lalu, oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P., di Sportorium UMY.

Sri Sultan, dalam sambutannya, mengucapkan selamat atas terselenggaranya O2SN XI DIY  yang berhasil diselenggarakan dengan lancar. “Saya ucapkan selamat atas keberhasilan O2SN 2018 ini,” kata Sri Sultan HB X mengawali sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Sultan berharap kegiatan O2SN mampu menarik minat dan mengembangkan bakat siswa dalam bidang olahraga, terutama olahraga atletik yang menjadi ibu olahraga.

“Olimpiade siswa yang mempertandingkan beberapa cabang olahraga diharapkan mampu menarik minat dan mengembangkan bakat siswa di bidang olahraga,” kata Sri Sultan dihadapan para kontingen dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

“Juga termasuk di bidang atletik, dimana atletik sebagai ibu olahraga. Satu-satunya cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama, pada tahun 776 SM,” imbuhnya.

Mengapa disebut ibunya olahraga, menurutnya, karena pada dasarnya olahraga bersumber dari atletik yang merupakan kombinasi dari lari, lempar, dan lompat. Gerak paling asli dalam hidup manusia.

Sri Sultan, juga menekankan pentingnya membangun ekosistem sekolah untuk tumbuhnya semangat berolahraga, seperti apa yang dilakukan oleh sprinter juara dunia U-20 asal NTB, Lalu Muhammad Zohri. “Bukankah lahirmya sprinter dunia, Lalu Muhammad Zohri, karena ia mampu menjawab tantangan dengan kerasnya lingkungan alam di Lombok, yang justru menjadi ajang penempaan pretasinya,” jelas Sri Sultan HB X.

Selain itu, Sri Sultan juga berharap kepada para kontingen yang bertanding di O2SN XI yang diselenggarakan di DIY tidak hanya mendapatkan kesan, melainkan juga pesan bahwa peningkatan prestasi olahraga merupakan sarana membangun watak bangsa.

“Semoga Suasana Yogyakarta, selain memberikan kesan, juga membawa pesan betapa pentingnya peningkatan orestasi olahraga sebagai sarana membangun watak bangsa yang gigih, tak kenal menyerah sebelum hasilnya tercapai,” tutur Sri Sultan di depan para kontingen SD, SMP, SMA, dan SMK.

Sri Sultan juga memberikan ucapan selamat kepada para peraih medali dan berharap agar mereka dapat terus meningkatkan pretasi tersebut, serta berpesan kepada atlet yang belum mendapatkan kemenangan untuk menerimanya dengan sportif dengan menjadikannya sebagai cambuk untuk bangkit kembali.

“Sedangkan untuk para peraih medali saya ucapkan selamat dan sukses, dengan harapan terus berkelanjutan meningkatkan prestasinya. Sebaliknya, bagi yang kalah harus menerima kekalahan itu secara sportif sebagai cambuk untuk bangkit kembali,”

Lebih lanjut, Sri Sultan juga berharap agar peraih prestasi 10 besar bisa dilatih lebih lanjut supaya bisa meraih prestasi di olimpiade tingkat dunia. “Harapan saya kedepan adalah agar 10 besar peraih prestasi tertinggi dapat dilatih lebih lanjut, sehingga bisa meraih prestasi the absolute winner, dalam ajang olimpiade tingkat dunia,” harap Sri Sultan HB X. 


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia