Pembedahan buku Pergub No. 18 tahun 2018 tentang pedoman penyelenggaraan perpustakaan di SMK/SMA se-DIY - dikpora.jogjaprov.go.id

Pembedahan buku Pergub No. 18 tahun 2018 tentang pedoman penyelenggaraan perpustakaan di SMK/SMA se-DIY

DETAIL BERITA 15 November 2018 05:11 WIB,   Jurnalis: Dewangga ,   Dibaca : 222kali


  Foto : suasana kegiatan pembedahan buku pergub bersama para narasumber dan guru sekolah di aula disdikpora DIY  
Share :

Pendidika DIY- Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah ( BPAD) DIY mengadakan pendampingan terkait pembedahan buku Pergub No. 18 tahun 2018 tentang pedoman penyelenggaraan perpustakaan di SMK/SMA se-DIY, Rabu (14/18) di Aula Disdikpora DIY.

Perpustakaan sekolah adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/ karya rekam. Perpustakaan di sekolah adalah jantungnya para siswa untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan penelitian terkait mata pelajaran siswa.

Berbicara mengenai perpustakaan, saat ini masih ada bahkan banyak perpustakaan yang ditempatkan seadanya, padahal perpustakaan masih berada dalam lingkungan sekolah. Seharusnya perpustakaan mendapatkan perhatian lebih dari sekolah. Jika para siswa dapat memenuhi perpustakaan sekolah, perpustakaan dinilai dapat meningkatkan kualitas guru.

Pembedahan buku pergub dihadiri para perwakilan guru sekolah se-DIY dan 4 narasumber, masing-masing narasumber akan membedah pasal-pasal yang ada di Undang-undang pergub No. 18 tahun 2018. Diantaranya kepala BPAD DIY, Monika Nur Lastiyani, Kabid pendidikan menengah, Triyana Purnamawati, serta dua pustakawan BPAD DIY Budiono dan Hadi Pranomo.

Menurut Triyana, ada beberapa pasal yang harus ada dan harus dihapus di Pergub. Diantaranya pasal 7 tidak perlu ada. Pada pasal 11 perlu adanya penambahan yaitu : 1). Melakukan kerjasama dengan perangkat sekolah untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas kegiatan perpustakaan. 2). Mengadakan hubungan kerjasama dengan pihak luar/ perpustakaan lain dalam upaya pengembangan perpustakaan. Pada pasal 26 perlu adanya penambahan yaitu (5). Dalam rangka gerakan literasi sekolah, sebagaimana disebutkan pada ayat (1) perlu diadakannya pojok baca yang ditempatkan di kelas dan atau ditempatkan di tempat siswa beraktifitas.

Dalam kesempatan ini, para narasumber hadir untuk mengajak para guru-guru untuk melihat dan peduli terhadap pentingnya perpustakaan sekolah bagi para siswa. Untuk mewujudkan perpustakaan yang dipadati siswa, seperti yang disampaikan Budiyono, bahwa sekolah perlu mendesain perpustakan yang menarik dimata siswa. Seperti warna meja, kursi, rak buku menggunakan warna-warna yang cerah sudah tidak lagi menggunakan warna-warna gelap seperti coklat.

Terbitnya pergub No. 8 tahun 2018 untuk mendirikan perpustakaan-perpustakaan yang memenuhi Standar Nasional Perpustakaan. Pasalnya sudah banyak perpustakaan sekolah yang sudah terakreditasi. Pembedahan buku ini diharapkan membangun semangat guru sekolah untuk mendirikan perpustakaan yang representatif.

Kepala BPAD DIY, Monika Nur Lastiyani berharap perpustakaan di sekolah tidak hanya dimanfaatkan oleh para siswa saja namun dapat dimanfaatkan para guru, karyawan juga masyarakat umum.


Berita Terkait

Berita Lain


Komentar Berita

Kembali ke atas


PENGUMUMAN BARU
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia