- dikpora.jogjaprov.go.id
DETAIL SOROT SEKOLAH 14 Desember 2012 07:12 WIB, oleh : dt, dibaca : 21769kali

Santri Yang Mahir Teknologi


Bagikan tautan :

Burhanuddien Ibrahim Rahmani telah membuktikan bahwa dengan statusnya sebagai seorang santri tidak menghalanginya dalam meraih prestasi internasional, kini dia terdaftar di Gazi Universitesi (Turkey) sebagai mahasiswa jurusan computer engineering dengan full scholarship.

Santri Madrasah Muallimin Muhamadiyah tampaknya telah memiliki bakat menjadi pemenang sedari kecil. Dalam wawancara singkat sebelum keberangakatannya, Baim (biasa dipanggil) menjelaskan bahwa dia seringkali mengikuti lomba sedari TK dan SD.

Aktifitasnya dalam kegiatan lomba sempat vakum ketika memasuki Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan tinggal di asrama yang terpisah dari sanak kerabat di Semarang. Baru pada kelas X Madrasah Aliyah (MA), Baim kembali aktif mengikuti Kontes Robot Pintar Yogyakarta yang diselenggarakan Taman Pintar, dia menuai prestasi setelah menjajal dua kali ikutserta pada kategori Robot Peniti Garis Pemadam Api Dengan Mikrokontroler, ini menjadi titik awal keaktifan di kompetisinya melesat.

Bergabung dengan sagasitas, santri XII IPA I ini menggagas games tari “saman interaktif” dengan kombinasi komputer dan robotik. Cara kerja Saman Dance Revolution ini terhubung pada LCD yang akan membimbing gerakan tari saman secara step by step, pemain harus memakai sensor warna merah di tangan dan lutut sehingga akan terdeteksi benar atau salahnya gerakan yang ditirukan.

Tak puas sampai menjadi finalis di Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2011, dengan bimbingan tim sagasitas, dia memperbaiki dan menambah feature pada programnya.

Di tahun yang sama, putra Dr.Ir. Nurrahman, M.Si. tersebut menjuarai Lomba Peneliti Belia (LPB) Tingkat DIY bidang IT dan Juara I Lomba Robot Kategori Senior Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset Teknologi RI.

Hal paling sulit yang dirasakan baim ketika harus membagi waktu dengan pelajarannya di madrasah dan kegiatannya di asrama bersama teman-teman, “alhamdulillah, ustad memahami posisi saya jadi tidak perlu berbohong kalau di tengah aktifitas asrama saya masih sibuk di depan laptop” ujarnya.

Pada tanggal 16-23 april 2012, dimana seluruh siswa XII mempersiapkan UN, Baim justru konsentrasi di the 19th International Conference Young Scientists (ICYS) Belanda, dan terbayar dengan memperoleh special award di bidang “computer science”. Akhirnya, baim lulus mengikuti UN susulan.

Kemudian tanggal 12-17 Juni 2012, Baim kembali menggadaikan kesempatan SNMPTN nya demi keikutsertaannya Outstanding Student for The World (OSTW) di Jepang. Catatan perjalanan lengkap bisa dilihat di http://sagasitas.org/trip-report-ostw-2012-membangun-citra-bangsa-dengan-prestasi-jepang/

Ditengah pesimisnya harapan untuk kuliah di PTN karena tak mengikuti SNMPTN, Surya Institute mempertemukannya dengan Gazi Universitesi, yang sedang mencari mahasiswa di jurusan computer engineering. Tanggal 17 November 2012, santri ini telah bertolak ke Turki untuk menyelesaikan pendidikan sarjana. (dt)



Komentar sorot sekolah

Sorot Lainya Kembali ke atas






POJOK INSPIRASI

Kita mungkin saja membuat kesalahan.Tapi kita bukan orang yang gagal jika tidak menyalahkan orang lain. (Anonim)
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia