- dikpora.jogjaprov.go.id
DETAIL SOROT SEKOLAH 25 Juni 2013 08:06 WIB, oleh : dt, dibaca : 4519kali

SLB Yaketunis, Spesialisasi Tuna Netra


Bagikan tautan :

Dikpora DIY – Siapa yang menyangka karya-karya daur ulang ini merupakan hasil kreasi murid SLB. Ya, inilah SLB Yaketunis letaknya di Jl Parangtritis No 46 Yogyakarta membuat SLB ini tidak sulit dicari.

Yaketunis merupakan kepanjangan dari Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam didirikan oleh Bpk. Supardi Abdusomat pada tanggal 12 Mei 1924. Inisiatif ini dilatarbelakangi karena beliau sebagai tuna netra merasa harkat dan martabat untuk difabel sangat dipandang sebelah mata.

“Memberikan bekal pengetahuan bagi tunanetra agar bisa hidup Percaya diri dan mandiri sehingga dapat berkarya dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh tunanetra” adalah tujuan dari SLB Yaketunis.

Ambarsih S.Pd, Kepala Sekolah, mengatakan bahwa kini siswa SLB memiliki banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang hidup selayaknya. Misalnya dengan printer braille, mesin ketik braille, buku braille, hingga Al Qur an braille

Karena fokusnya khusus menangani tuna netra maka SLB ini memiliki beberapa siswa dari luar Yogya, seperti Medan dan Makassar. Mereka tinggal di asrama fasilitas SLB.

Dijelaskan Wiyoto Aji, sekretaris yayasan bahwa suasana asrama Yaketunis tidak seperti yang dibayangkan kumuh dan kotor namun justru bersih, tertata rapi, segar. Tunanetra yang berada di asrama terlihat bergairah menjalan bercanda-ria dengan tunanetra sebayanya.

“Dua siswa kami juga melanjutkan kuliah di UGM dan UIN, mereka tinggal di asrama, sekarang menginjak semester 6” kata Ambarsih. Bangku kuliah memang tidak menyediakan fasilitas khusus bagi tuna netra, maka satu-satu nya cara adalah proaktif dan memperbanyak teman. “Awalnya dulu berangkat pakai bus, kalau sekarang sudah diantar jemput teman pakai motor” tambahnya.

Pendidikan di SLB Yaketunis meliputi SLB/A, MTs LB/A, setelah lulus MTs dapat melanjutkan jenjang selanjutnya. Memiliki 32 guru terdiri dari 25 guru Negeri dan 16 guru Yayasan. Sarana dan prasarana yang dimiliki adalah asrama/panti, TPA LB – A Yaketunis, Pondok Pesantren.

Widodo, guru SLB yang juga tuna netra ini menjelaskan modal utama selama 10 tahun mengajar adalah mengajar kesabaran, keuletan, telaten. “Kita tidak bisa membuat target potensi kepada mereka, karena secara visual tidak mengerti”. Ambarwati menambahkan, “Alat peraga sangat penting, misalnya pengenalan binatang, ketika menyentuh binatang yang diawetkan mereka memiliki bayangan”.

SLB Yaketunis aktif mengikuti lomba dan kegiatan ketalentaan sekolah, salah satu siswanya juga ada yang menyandang Juara II di  olimpiade matematika penyandang cacat tingkat Nasional. (dt)



Komentar sorot sekolah

Sorot Lainya Kembali ke atas






POJOK INSPIRASI

Kegagalan kebanyakan disebabkan oleh pengerjaan yang kurang sungguh-sungguh, bukan karena kekurangan talenta. (Anonim)
LINK PENTING: BSE - Lembaga Pusat - Lembaga Daerah - Link UPTD - Budaya Baca - Konten Pendidikan - NUPTK - NISN - NPSN - Seksi DIKTI - BAN SM

Kantor : Jl.Cendana 9 Yogyakarta Kode Pos : 55166 Telepon : (0274) 541322 Fax : 513132 Email : dikpora@jogjaprov.go.id
Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga
Daerah Istimewa Yogyakarta.

www.pendidikan-diy.go.id
Copyright © 2017 .Hak cipta dilindungi undang-undang.
Web themes by WatulintangMedia